Senin, 02 Januari 2017

Materi Pembelajaran Fungsi Pivot Pada Excel

MODUL PEMBELAJARAN RUMUS EXCEL LENGKAP YANG SERING DIGUNAKAN DI DUNIA PENDIDIKAN DAN DUNIA KERJA


1      Pivot
Pivot table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis serta mengexplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk table-tabel. Fungsi table pivot adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.
Untuk mempermudah pembelajaran silahkan buat table seperti dibawah ini, atau buat sesuai keinginan anda.
TANGGAL
SALES
WILAYAH
BARANG
HARGA
QTY
TOTAL
1/1/2017
AGUNG
JABODETABEK
LCD
1400000
50
70000000
1/2/2017
ANDI
JATENG
HARDISK
1400000
50
70000000
1/3/2017
ANDI
JABODETABEK
PC
1400000
50
70000000
1/4/2017
AGUNG
JATENG
LCD
1400000
50
70000000
1/5/2017
IKA
JABODETABEK
PC
1400000
50
70000000
1/6/2017
IKA
JATIM
LCD
1400000
50
70000000
1/7/2017
ANTON
JATIM
HARDISK
1400000
50
70000000
1/8/2017
MUTI
JABODETABEK
PC
1400000
50
70000000
1/9/2017
MUTI
JATIM
HARDISK
1400000
50
70000000
1/10/2017
IKA
JABODETABEK
LCD
1400000
50
70000000
1/11/2017
ANDI
JATIM
HARDISK
1400000
50
70000000
1/12/2017
ANTON
JABODETABEK
PC
1400000
50
70000000
1/13/2017
ANTON
JATIM
LCD
1400000
50
70000000
1/14/2017
AGUNG
JABODETABEK
KEYBOARD
1400000
50
70000000
1/15/2017
IKA
JATIMS
PC
1400000
50
70000000
1/16/2017
MUTI
JABODETABEK
LCD
1400000
50
70000000

Setelah selesai membuat table, silahkan blok seluruh table lalu pilih insert -> PivotTable-> muncul tampilan seperti berikut :
Jika anda ingin mengatur lokasi untuk ditampilkan table pivotnya silahkan pilih existing worksheet, namun jika table pivot ingin ditampilkan pada sheet baru seperti yang saya lakukan silahkan pilih new worksheet dan hasilnya seperti berikut :



Pada pivot table field disebelah kanan, silahkan centang untuk data yang ingin anda tampilkan. Apabila anda mencentang semua berikut adalah tahap demi tahap yang dilakukan.
Pertama centang pada field “Tanggal” dan drag field tanggal yang semula pada Rows pindahkan ke Filters. Seperti berikut :


Selanjutnya, silahkan centang field yang anda butuhkan, maka akan tampil seperti berikut :

Agar lebih rapih, pilih design pada menu bar -> Report Layout -> Show In Tabular Form. Maka tampilan seperti berikut :





Oke selesai, semoga bermanfaat pembelajaran mengenai fungsi pivot ini. Salam Sukses !!!
Anda bisa download filenya disini

0 komentar:

Posting Komentar