Jumat, 03 Maret 2017

Pembelajaran Mengenai SDLC dan Tahapan Analisis Sistem

Assalammu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan materi yang membahas mengenai materi SDLC secara lengkap. Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan sampai tahapan perencanaan disini. Sekarang kita lanjutkan membahas materi tahapan analisis sistem.. Oke langsung saja....

Analisis sistem pada tahapan pengembangan sistem ini merupakan tahapan sangat penting. Mengapa???

1. ANALISIS SISTEM
Pada tahapan ini merupakan penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan. Kesalahan pada tahapan analisis ini bisa berakibat fatal pada pengembangan sistem dan bisa menyebabkan kesalahan pula pada tahap berikutnya..

2. Langkah-Langkah dalam Analisis Sistem
Langkah-langkah di dalam tahap analisis sistem hampir sama dengan langkah-langkah yang dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan di tahap perencanaan sistem. Perbedaannya pada analisis sistem ruang lingkup tugasnya lebih terinci.

Adapun lankah-langkah yang harus dilakukan antara lain :
1. Identify, Yaitu mengidentifikasikan masalah
- Mengindentifikasikan penyebab masalah
- Mengidentifikasikan titik keputusan
- Mengidentifikasikan personil-personil kunci
2. Understand, Yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
- Menentukan jenis penelitian
- Merencanakan jadual penelitian
- Mengatur jadual wawancara
- Mengatur jadual observasi
- Mengatur jadual pengambilan sampel
- Membuat penugasan penelitian
- Membuat agenda wawancara
- Mengumpulkan hasil penelitian
3. Analyze, Yaitu Menganalis Sistem
- Menganalisis kelemahan Sistem
- Menganalisis kebutuhan Informasi pemakai / manajemen
4. Report, Yaitu membuat laporan hasil analisis
Tujuan :
- Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan
- Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
- Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
- Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selan-jutnya .

3. Fakta Studi Mengenai Cara Analisis Sistem yang Baik
Suatu bagian dari informasi yang memperlihatkan realita, situasi dan hubungan yang menjamin analisis dan memodelkan secara cermat
• Fakta studi berasal dari 3 sumber yaitu :
1. Sistem sekarang
Pro kontra dari menganalisis sistem yg sekarang
seorang analis tidak selalu diberi kesempatan untuk membangun sebuah
sistem dari awal.
􀃆 Timbul analisis :
- Apa peranan sistem yg sekarang dengan sistem yang baru ?
- Apakah sistem yg sekarang baik ? Cukup baik ?
- Apakah sebaiknya menganalisis dan memodelkan sistem yg sekarang ?
- Bila ya, apakah sub sistem dalam sistem yg sekarang dianalisa ?

Keuntungan Menganalisis sistem yang sekarang :
- Menentukan apakah sistem tersebut memuaskan, memerlukan perbaikan kecil/besar atau diganti
- Membantu analisis untuk mengidentifikasikan sumber yang tersedia untuk sistem yang baru

Kerugian Menganalisis sistem yang sekarang :
- Sistem yang baru tidak relevan
- Menghasilkan hambatan yang tidak perlu atau hambatan buatan yang dimasukkan dalam rancangan dari sistem yg baru

2. Sumber internal
− Sumber yg paling penting adalah orang-orang yang akan menggunakan sistem yang baru
− Sumber berikutnya bergantung dari pekerjaan pada kertas atau dokumen
dalam organisasi

3. Sumber eksternal
− Untuk melakukan pertukaran pengalaman sistem informasi dan merekomendasikan cara yg baik 􀃆 melalui membentuk grup, sponsor, seminar

Teknik utama yang digunakan :
1. Wawancara
− Sebuah pertukaran informasi
− Direncanakan dan mempunyai kegunaan spesifik
− Sebuah mekanisme umpan bail dan jalan yg utama untuk mengumpulkan fakta studi saat digunakan dalam tahap analisis sistem

Tipe pertanyaan :
− Terbuka :
􀂀 netral dan tidak membatasi
􀂀 arah dan perkembangan dari wawancara dapat dikontrol oleh jawaban orang yg diwawancarai

− Tertutup
􀂀 Spesifik dan menyediakan pewawancara lebih banyak kontrol terhadap arah dan perkembangan dari wawancara

Pertanyaan dapat terbagi atas :
− Pertanyaan Primer
􀂀 Spesifik, direncanakan, dan netral

- Pertanyaan Sekunder
􀂀 Pertanyaan kelanjutan atau penelitian yg dirancang untuk mendapatkan lebih banyak informasi
􀂀 Tidak direncanakan, selalu dihubungkan dengan pertanyaan primer


Format urutan Wawancara :
− Funnel Format
dimulai dengan pertanyaan terbuka, kemudian pertanyaan tertutup
− Inverted Funnel Format
dimulai dengan pertanyaan tertutup diluaskan kepertanyaan terbuka

Psikologi dari wawancara
Mengenai hubungan antara orang-orang. Wawancara adalah sebuah seni, yang tidak selalu berlangsung sesuai dengan yang direncanakan. Membangun profile sebelum wawancara dari subyek wawancara Mencatat dan Mengevaluasi wawancara
− Mencatat
􀂀 Respon dari pertanyaan tertutup
􀂀 Respon dari pertanyaan terbuka

− Mengevaluasi
􀂀 Untuk memastikan penyempurnaan

2. Sampling
Adalah aplikasi dari prosedur tertentu untuk mengurangi 100% dari jenis dalam sebuah survei uuntuk mengevaluasi atau memperkirakan beberapa karakteristik dari populasi. Berguna saat penentuan karakteristik atau nilai dari semua jenis memakan waktu yg lama

3. Mengamati (Observasi)
− Mengamati orang-orang yg melakukan aspek yg bervariasi dalam pekerjaan mereka.

− Sebelum melakukan pengamatan, analis sebaiknya :
􀂀 Mengidentifikasi dan menentukan apa yg akan diamati
􀂀 Memperkirakan lama waktu pengamatan yg dibutuhkan
􀂀 Mendapat persetujuan manajemen
􀂀 Menjelaskan pada peserta apa yg akan dilakukan untuk diamati

− Melakukan pengamatan yang paling efektif
− Dokumentasi dan organisasi catatan pengamatan
• Menyimpulkan analisis sistem dan mengkomunikasikan penemuan
• Menyiapkan laporan Analisis Sistem

− Laporan analisis sistem yg dipersiapkan dengan baik mendefinisikan dan
meringkas penemuan yg dihasilkan dari mengumpulkan dan menganalisis fakta
studi.

− Judul Utama dan isi laporan meliputi :
1. Alasan dan ruang lingkup dari analisis sistem
2. Daftar masalah utama yang diidentifikasikan
3. Pernyataan lengkap & definisi dari kebutuhan pengguna
4. Daftar dari asumsi kritis
5. Rekomendasi

• Menyajikan penemuan dengan lisan
− Walaupun telah didokumentasikan perlu adanya penyampaian secara langsung
dari manajer proyek, analis sistem dan anggota tim lainnya

− Tiga metoda yang dapat digunakan :
1. Pengingatan
2. Mambaca
3. Tanpa persiapan

− Menggunakan perangkat audio dan visual dalam penyajian lisan
• Empat kemungkinan hasil dari analisis sistem :
1. Membatalkan proyek
2. Penundaan proyek
3. Merubah proyek
4. Melanjutkan proyek

Oke sekian semoga bermanfaat dan salam sukses !!!

0 komentar:

Posting Komentar