Rabu, 08 Maret 2017

Bagaimana Masa Depan Kuliah di Jurusan IT

Assalammu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

1. Pengambilan Keputusan Untuk Penjurusan



Pada kesempatan kali ini saya akan coba membagi kisah dan cerita saya selama saya menjalani kehidupan kuliah di jurusan IT. Yaa saya lulusan D3 di salah satu perguruan tinggi negeri swasta ternama di jakarta. Saya awalnya sebagai lulusan SMA dan tidak memiliki skill apa-apa dibanding anak-anak SMK ragu untuk masuk jurusan IT, apa lagi saya masuk di perguruan tinggi yang terkenal karena IT nya. Rasa takut dan tekanan dari orang tua membuat saya semakin ragu untuk kuliah disini apa lagi dengan biaya yang sangat besar. Nah disini saya kasih point pertama yakni ketika anda memilih jurusan untuk kuliah usahakan memilih sesuai dengan keinginan dan minat anda. Point ini sangat penting karena apabila anda kuliah terpaksa atau disuruh maka tidak ada semangat yang timbul dalam diri anda. Walaupun bisa jadi ketika anda kuliah dengan terpaksa karena disuruh, lama-lama bisa menjadi suka dan menyenangi namun tak banyak pula yang berhenti ditengah jalan. BANYAK saya temui selama saya kuliah ada sekitar 5 orang lebih yang berhenti ditengah jalan karena tidak minat, sayang kan? Sudah kehilangan uang dan juga bertambahnya usia menjadi kerugian. Namun ada juga yang tetap memaksakan dan terus belajar. Nah ini yang bagus dan patut di tiru. Oke point pertama sudah jelas ya dalam pengambilan jurusan harus keinginan dan minat kita jangan ada unsur keterpaksaan yang nantinya akan merugikan kita sendiri dan orang tua.

2. Serius Menekuni Satu Keahlian

Oke apabila anda sudah menjalankan saran saya pada point satu, kita ;anjutkan. Nah untuk kasus ini, pada kampus tempat saya belajar tidak ada penjurusan, maksudnya ialah dari semester satu sampai akhir setiap semesternya pasti akan ada materi pemograman baru. Ini yang terkadang membingungkan dan kesalahan bagi saya dan saya harapkan anda tidak mengikuti jejak buruk saya. Tips yang paling bagus ialah ketahui minat kalian dan jangan semua pemograman anda usahakan anda kuasai. Bagus apabila anda ingin mememiliki banyak keahlian namun sayang apabila anda tidak mendalami seperti saya ini. Apabila anda menyukai website, maka anda fokuskan pada website dengan cara ini anda semakin dekat memiliki masa depan cerah di dunia IT. Jangan seperti saya, semua bahasa pemograman yang ada disetiap semester saya coba kuasai alhasil sulit dan selalu terbengkalai dan hingga pada saat saya lulus saya bingung keahlian saya sebenarnya dimana. Oke itu point kedua yang sangat penting bagi kalian yang ingin punya masa depan cerah di dunia IT.

3. Buat Portofolio Sebanyak Mungkin

Bagi kalian yang sudah menetapkan pilihan ke suatu keahlian, saya sarankan agar banyak memiliki portofolio. Apalagi nanti setelah kita lulus, kita belum memiliki kerja. Mungkin agak susah apabila kita lulus langsung mencari pekerjaan yang kita inginkan, namun apabila anda memiliki portofolio itu bisa sebagai nilai jual anda walaupun anda belum memiliki pengalaman kerja. Sehingga anda bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan atau yang sejalan dengan keahlian anda.

4. Mau belajar hal-hal baru diluar keahlian yang anda miliki
Nah ini salah satu alasan yang akan membuat masa depan anda cerah di dunia IT. Mengapa? mungkin pihak perusahaan yang menempatkan anda disuatu posisi menginginkan anda untuk mempelajari atau mengerjakan hal lain diluar pekerjaan anda. Anda jangan menolak atau mengeluh, karena itu merupakan hal yang akan menjadi tambahan referensi pekerjaan yang baik. Karena semakin banyak anda memiliki pengalaman diberbagai hal, maka maki cerah lah masa depan anda. Jangan malas untuk belajar hal-hal baru kawan..

Mungkin itu yang bisa saya bagikan, dari pengalaman saya pribadi. Semoga bisa membantu dan apabila ada tambahan nanti akan saya tambahkan. Terimakasih dan salam sukses !!

0 komentar:

Posting Komentar