Rabu, 09 November 2016

Tips Menjadi Programmer Handal Dari Yang Tidak Memiliki Latar Belakang Programmer

Salam Programmer !!!
Oke perkenalkan saya seorang mahasiswa diploma tiga jurusan manajemen informatika disalah satu universitas swasta ternama di jakarta, saya lulus tahun 2016. Pada kesempatan kali ini saya akan coba berbagi pengalaman atau tips menjadi programmer yang baik walau anda bukan berlatar belakang belakang IT. Apa maksudnya bukan berlatar belakang IT? Seperti saya, saya sewaktu sebelum kuliah, hanyalah siswa SMA jurusan IPA yang kalau megang komputer atau laptop cuma saat buat tugas dan presentasi (MS.Office), sisanya paling browsing saja. Tentu saja saya ini bukan orang yang berlatar IT, karena yang saya rasakan ketika masuk kuliah saya dihadapkan dengan teknik mengoding serta berfikir yang luar biasa kerasnya menggunakan logika-logika. Berbeda buan dengan anak-anak smk yang jurusan IT seperti multimedia dll? Tentu saja kita harus menyesuaikan diri didunia IT ini.

Apabila anda memiliki latar belakang seperti saya dari kalangan SMA dan akan mencoba masuk dunia programmer dengan masuk jurusan IT di jenjang perkuliahan anda harus siap dan benar-benar yakin dengan pilihan anda, jangan sampai anda berhenti ditengah jalan dan akan mengganggu masa depan anda (ini pernah terjadi diteman saya) dia berhenti karena tidak kuat dengan jurusan IT ini alias salah jurusan. Saya walaupun ga pro banget dalam program, namun saya mengetahui beberapa tips dan informasi yang bisa saya bagikan bagi anda yang akan masuk kedunia programmer ini..
1. Yakin.. Yakinlah dengan pilihan anda, jangan anda kuliah atau mengambil jurusan IT karena disuruh orang tua atau sahabat dll. Karena kita punya passion yang berbeda. Jadi jangan menyamaratakan kesuksesan teman kita, tetangga atau sodara kita yang berhasil didunia IT atau bisa dibilang kita ikut-ikutan.
2. Jangan Mudah Menyerah.. Mengapa? Karena ketika anda menjadi programmer, setiap waktu pasti akan muncul berbagai jenis program yang baru dan harus kita ketahui dan berbagai jenis program itu memiliki pola logika yang berbeda untuk kita pecahkan. Maka dari itu terus belajar dan jangan mudah menyerah apabila kita sudah masuk dunia IT.
3. Banyak Belajar. Hal ini sangat penting, mengapa? Karena apabila kita tidak banyak belajar sedangkan dunia IT berkembang sangat cepat dan pesat, kita akan tertinggal dan akan menjadi programmer yang jadul dan tidak mendapat tempat didunia kerja nantinya.
4. Fokus Kesatu Jenis Keahlian. Maksudnya ada banyak pilihan misal Website, Android, Database, Desain dll. Anda minimal memiliki satu yang anda sangat kuasai atau menonjol diatara yang lain, memang lebih bagus anda bisa semua. Namun usahakan anda memiliki satu jenis bahasa pemograman yang anda senangin dan anda kuasai.

Itu tips singkat dari saya, bagi anda yang tidak memiliki keahlian dibidang IT dan akan masuk dunia atau (programmer).. Untuk sharing berikutnya akan saya coba mengenai "Programmer Tidak Hanya Pintar Ngoding Saja".. Next Time yaaa. See you and great day !!

0 komentar:

Posting Komentar