Minggu, 25 September 2016

Cara membuat mengexport dan mengimport database

Assalmualaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Bismilahirrahmanirrahiim Sebelum kita memulai mengerjakan sesuatu ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar apa yang kita kerjakan dapat berkah dari allah SWT, aamiin.

Pada kesempatan hari ini saya akan memberikan informasi mengenai cara membuat mengexport dan mengimport database pada phpmyadmin. Pada pertama kali saya melakukan pemograman yang berhubungan dengan database, proses export import yang saya temukan kesulitan.

Berikut adalah cara mudah membuat, mengexport dan mengimport database

Langkah pertama pastikan apache dan mysql pada xampp anda sudah distart




Selanjutnya buka database anda dan apabila anda belum memiliki database silahkan buat seperti berikut:




Isi nama database sesuai keinginan anda, sebagai contoh saya akan menggunakan nama database "koneksi" (tanpa kutip)

Setelah itu buat nama tabel. Saya contohkan nama tabel "admin" (tanpa kutip) dan jumlah kolom 4.




Selanjutnya isikan field sesuai keinginan anda, untuk contoh saya isikan seperti berikut:



Lalu save. Setelah berhasil membuat selanjutnya adalah proses mengexport database.

Cara pertama yang dilakukan pilih nama database anda dan pilih menu export lalu pilih go maka database akan ke download (export)



Namun jangan khawatir apabila phpmyadmin anda versi lain. Anda tinggal mengcopy paste script yang muncul lalu save as dengan nama yang sama sesuai dengan nama database dandengan extensi (.sql). Contoh database ini dengan nama koneksi.sql

Dan apabila anda hanya ingin mengexport tabel, silahkan anda pilih nama tabel lalu pilih go.

Terakhir adalah proses import. Anda hanya perlu memilih menu import dan choose file



Sekian tutorial membuat, mengexport dan mengimport database pada phpmyadmin.

Semoga membantu kalian. Terimakasih sudah berkunjung

0 komentar:

Posting Komentar